Minggu, 10 September 2023

#APA. MERAJUT ASA BERSAMA KAMPUNG BERSERI ASTRA

 



 

MERAJUT ASA BERSAMA KAMPUNG BERSERI ASTRA

Pada hari ini 8 September 2023, saya bertemu dengan salah satu masyarakat hebat yang menjadi penggerak KBA (Kampung Berseri Astra) di RW 05 Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu Sulawesi Tengah yakni Pak Agus Panca Saputra. Beliau merupakan tokoh yang memperhatikan keadaan masyarakat di sekitarnya dan menginginkan perubahan terjadi pada kualitas kehidupan masyarakat di tempat tinggalnya. Secara geografis daerah kelurahan Layana merupakan daerah yang kekurangan air dan memiliki lahan tidur yang cukup luas Oleh karena itu, sekitar 6 tahun silam tepatnya di tahun 2017 beliau mengikuti sayembara untuk mendapatkan dana CSR (Corporate Social Responsility) dari Astra. Program CSR Astra diberi nama KBA (Kampung Berseri Astra) merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dari Astra yang mengintegrasikan 4 pilar program yakni pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. Setelah mengikuti proses seleksi yang begitu panjang dan ketat akhirnya diumumkan bahwa RW 05 kelurahan Layana terpilih menjadi salah satu Kampung Berseri Astra (KBA).

Semenjak terpilih dari tahun 2017 sampai sekarang KBA Layana indah berkolaborasi dengan Astra untuk menjalakan 4 pilar program yakni:

1.       Pilar pendidikan

Target pada pilar Pendidikan adalah mengentaskan buta huruf. Untuk mencapai target tersebut anak usia sekolah diberikan bantuan beasiswa untuk meringankan biaya pendidikannya. Kriteria penerima bantuan beasiswa pendidikan yakni siswa berprestasi dan kurang mampu.  Ada total 38 anak dari tingkat SD - SMA mendapatkan beasiswa pendidikan yang diterima setiap 6 bulan dan proses pendistribusiannya di transfer langsung ke rekening anak / wali anak tersebut. Selain itu KBA Layana juga mensuport kebutuhan instansi Pendidikan Paud yang ada di RW 05 seperti mainan anak, sarana belajar dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

2.       Pilar Kewirausahaan

Target pada pilar kewirausahaan adalah mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan usaha sesuai dengan keadaan lingkungan masyarakat setempat. KBA Layana Indah selain melaksanakan program kewirausahaan bersama Astra juga berkolaborasi dengan dinas pertanian setempat untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam bertani. Pemerintah juga mendukung kegiatan yang dilakasanakan dengan memberikan bantuan kendaraan operasional roda tiga, peralatan dan pupuk untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen masyarakat KBA Layana Indah.

3.       Pilar Lingkungan

Target pada pilar lingkungan adalah menciptakan lingkungan RW 05 kelurahan layana yang asri dan indah sehingga dalam program ini KBA Layana mengupayakan untuk melakukan penanaman pohon disepanjang jalan dan pembuatan gapura.

4.       Pilar Kesehatan

Target pada pilar Kesehatan adalah 0 gizi buruk dengan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh posyandu seperti memberikan bantuan timbangan bayi, pemberian makanan bergizi serta sosialisasi cara memasak makanan bergizi kepada ibu – ibu yang memiliki anak balita untuk meningkatkan gizi bayi serta anak agar terhindar dari stunting dan gizi buruk. Selain membantu program posyandu balita, KBA Layana Indah juga ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh posyandu remaja dan juga posyandu lansia.

 

Tantangan terbesar pada saat melaksanakan 4 pilar adalah membangun tim dan menyatukan banyak hati dan pikiran dari masyarakat

 

 

 

 

Untuk mengintegrasikan ke 4 pilar tersebut, menurut Pak Agus Panca Saputra sebagai penggerak KBA mengemukakan hal yang menjadi tantangan terbesar adalah membangun Tim dalam setiap pilar untuk menyatukan banyak hati dan pikiran pada tujuan yang sama sesuai dengan visi dari Kampung Berseri Astra yakni mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah kampung berseri astra. Namun dikarenakan dalam KBA Layana Indah ini mengutamakan musyawarah, sehingga segala tantangan dapat diatasi dengan menjalin relasi yang baik antar anggotanya untuk mesukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Selain menjalankan program yang berfokus pada ke empat pilar diatas, astra juga memiliki program lain yang dilaksanakan bersama masayarakat KBA Layana Indah seperti program qurban, buka puasa bersama, sembako murah dan sembako gratis yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada saat bencana gempa bumi, tsunami dan liquifaksi astra juga membantu masyarakat KBA Layana indah seperti memberikan sembako dan pakaian baru untuk masyarakat terkena dampak bencana tersebut.

“Pada saat bencana terjadi Astra memberikan bantuan pakaian kepada kami, bukan pakaian bekas layak pakai tetapi pakaian baru. Kami sangat senang sekali” kata pak agus, sambil mengenang tragedi bencana gempa bumi, tsunami dan liquifaksi yang melanda kota palu yang juga terdampak pada wilayah KBA Layana Indah.

Di hujung pembicaraan beliau mengucapkan terima kasih kepada Astra karena telah banyak memberi manfaat bagi masyarakat layana.  Beliau juga berharap perusahaan Astra tetap jaya dan tetap maju sehingga program – program KBA bisa terus berlangsung dan dapat menambah lagi jumlah KBA yang ada dari yang sekarang berjumlah kurang lebih seratus KBA bisa bertambah bahkan kalau bisa sampai 500 KBA diseluruh indonesia sehingga dapat memberikan kebermafaatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

 “saya pernah sempat dipeluk sama orang tua siswa sambil mereka menangis karena berterima kasih atas bantuan beasiswa tersebut sebab sangat membantu untuk digunakan membeli beli buku, sepatu ataupun seragam mereka

Pembicaraan kami ditutup dengan foto bersama dan pak agus mengajak saya untuk melihat kandang kambing sambil bercerita bahwa jika bantuan astra untuk tahun 2023 keluar kami KBA Layana akan membeli kambing untuk diternakkan bersama anggota yang lainnya agar bantuan dari astra ini semakin bertambah nilainya dan keuntungannya akan dibagi untuk mensuport kegiatan pada pilar program yang lain seperti kesehatan, lingkungan dan pendidikan.



Masih banyak yang ingin saya bicarakan tentang betapa kagumnya saya dengan program KBA yang dilaksanakan oleh Astra dan betapa ikhlasnya pak agus menjadi penggerak KBA Layana Indah namun matahari telah terbenam dan mendung mulai menandakan sebentar lagi akan turun hujan. Saya berpamitan kepada pak agus dan salah satu anggota KBA Layana lainnnya dan berpesan kepada pak agus untuk terus semangat menjadi penggerak KBA Layana Indah.

“Jaya terus perusahaan astra, terus tebar banyak kebaikan sampai kepelosok negeri’’

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar